Iklan

terkini

RPP SBK (seni teater) SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 Materi Rancangan Pementasan Pantomim-ADM Guru Legkap RGI

Senin, 24 Januari 2022, Januari 24, 2022 WIB Last Updated 2022-01-24T12:23:30Z
Hai, sahabat RGI. Selamat datang di blog rumahguru.info. Karena sekarang sudah memasuki  semester genap untuk itu sahabat RGI pasti membutuhkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai pelengkap ADM untuk itu sahabat RGI bisa mendapatkan RPP tersebut di sini. 
RPP SBK (seni teater) SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 Materi Rancangan Pementasan Pantomim-ADM Guru Legkap RGI 

Perangkat pembelajaran wajib dimiliki oleh guru, karena mengajar tanpa menggunakan perangkat pembelajaran mengakibatkan guru tidak memiliki arah dan pedoman pembelajaran yang jelas.
Adapun fungsi perangkat pembelajaran sebagai berikut:
  1.  Sebagai pedoman pembelajaran bagi guru
  2. Sebagai tolok ukur kebehasilan pembelajaran di kelas
  3. Sebagai media untuk meningkatkan profesionalisme guru
  4. Sebagai alat untuk memudahkan guru dalam memfasilitasi pembelajaran

Baiklah, Seni Budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak diminati oleh siswa karena banyak praktek dibanding materi hafalan ataupun hitungan. Untuk itu, menurut Admin sangat menyenangkan berada di kelas bersama murid yang sangat antusias menunggu guru mapel seni budaya masuk. 


Seni budaya  MTs/SMP kelas 8 semester 2 pada bagian seni teater akan di fokuskan pada Pantonim. RPP yang akan Admin bagikan RPP seni teater SMP/MTs kelas 8 semester 1 dan 2. Seperti yang Admin jelaskan diatas bahwa fungsi dari perangkat pembelajaran merupakan hal utama yan g harus dimiliki sebagai arah pembelajaran. Baiklah seperti yang ktia ketahui bahwa seni teater khususnya semester 1 terdiri dari 2 materi:
  1. Rancangan  Pementasan Pantomim
  2. Pementasan  Pantomim 

Pada artikel ini Admin akan membagikan RPP materi 3 yaitu tentang Rancangan Pementasan Pantomim yang terbagi kedalam  4 pertemuan disetiap pertemuan memuat tujuan, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Adapun RPP seni teater kelas 8  sudah kurikulum 2013 dan revisi 2020.

RPP seni budaya (seni teater) kelas 8 Materi  4 ini bertujuan untuk:
  1. Siswa secara aktif  mengeksplorasi (observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang penerapan teknik dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan Pantomim .
  2. Siswa dapat menentukan dan membuat rencana memilih naskah/lakon tentang gagasan berkarya  seni teater yang menerapkan teknik dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan Pantomim. berdasarkan hasil eksplorasi siswa masing-masing
  3. Siswa dapat mewujudkan rencana susunan gerak  atau meniru  ekspresi atau  kreasi suara  menjadi sebuah karya  seni teater berdasarkan penerapan dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan Pantomim dengan mengacu pada sumber budaya tradisional, dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing.
  4. Siswa dapat menemukan cara mempublikasikan/ mempergelarkan karya seni teater (networking atau membuat jejaring) kepada orang lain tentang yang telah dibuatnya.

Dari tujuan pembelajaran materi 4 ini siswa belajar mengeksplorasi dengan melakukan observasi dan bertanya, setelah itu siswa di bantu untuk memilih, menentukan dan membuat recana gagasan berkarya, setelah itu siswa didorong untuk mewujudkan rencana tersebut dan terakhir menemukan cara mempublikasi/menampilkan. Pada akhirnya siswa Dapat membagikan hasil karyanya melalui media social seperti tiktok, youtube dan lain-lain.


Kemudian RPP seni budaya (seni teater)  kelas 8 materi 4 ini memuat langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Pada langkah-langkah pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Sementara  pada penilaian terdapat nilai sikap, sikap pengetahuan dan sikap keterampilan.


Untuk itu, bagi sahabar RGI yag membutuhkan RPP seni budaya (seni teater) kelas 8 semester 2 materi 3 Rancangan  Pementasan Pantonim (4 pertemuan)-UNDUH
Lalu bagi anda yang membutuhkan :

Seni Musik

  • RPP Seni Budaya Materi Lagu daerah dapatkan disin
  • RPP Seni Budaya Materi Lagu Daerah Dalam Dua Suara Lebih dapatkan disini
  • RPP Seni Budaya Materi Memainkan alat musik tradisional secara perorangan dapatkan disini
  • RPP Seni Budaya Materi Memainkan alat musik tradisional secara kelompok dapatkan disini

Seni Rupa 

Seni Tari 

Seni Teater 

Demikian RPP Seni Budaya kelas 8 ini Admin susun untuk berbagai pada sahabat RGI semua. Untuk kekurangannya admin mohon di maklum karena masih dalam proses belajar. Untuk komentar positifnya admin tunggu untuk perbaikan kedepannya. 


Semangat terus guru Seni Budaya diseluruh Indonesia untuk melestarikan kesenian asli Indonesia bagi peserta didik kita. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Terima kasih.


Yang sering dicari:
  • rpp seni budaya kelas 8 menyusun naskah pantomim
  • rpp seni budaya kelas 8 seni tari
  • perangkat pembelajaran seni budaya kelas 8 semester 1
  • silabus seni budaya kelas 8 semester 1 dan 2
  • rpp seni budaya kelas 8 pantomim
  • perangkat pembelajaran seni budaya kelas 8 k13 revisi 2020
  • rpp seni budaya kelas 8 seni tari
  • rpp 1 lembar seni budaya kelas 8


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPP SBK (seni teater) SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 Materi Rancangan Pementasan Pantomim-ADM Guru Legkap RGI

Terkini

Topik Populer

Iklan