Iklan

terkini

RPP Seni Tari Kelas 8 Semester 2 Materi Pola Lantai pada Gerak Tari Tradisional-ADM Guru Lengkap RGI

Sabtu, 22 Januari 2022, Januari 22, 2022 WIB Last Updated 2022-01-24T12:28:04Z

Hai, sahabat RGI. Selamat datang di blog rumahguru.info. Karena sekarang sudah memasuki  tahun ajaran baru  untuk itu sahabat RGI pasti membutuhkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sebagai pelengkap ADM untuk itu sahabat RGI bisa mendapatkan RPP tersebut di sini. 

RPP Seni Tari Kelas 8 Semester 2 Materi Pola lantai pada gerak tari tradisional

Perangkat pembelajaran wajib dimiliki oleh guru, karena mengajar tanpa menggunakan perangkat pembelajaran mengakibatkan guru tidak memiliki arah dan pedoman pembelajaran yang jelas.

Fungsi perangkat pembelajaran sebagai berikut:

  1. Sebagai pedoman pembelajaran bagi guru
  2. Sebagai tolok ukur kebehasilan pembelajaran di kelas
  3. Sebagai media untuk meningkatkan profesionalisme guru
  4. Sebagai alat untuk memudahkan guru dalam memfasilitasi pembelajaran


Baiklah, Seni Budaya merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak diminati oleh siswa karena banyak praktek dibanding materi hafalan ataupun hitungan. Untuk itu, menurut Admin sangat menyenangkan berada di kelas bersama murid yang sangat antusias menunggu guru mapel seni budaya masuk. 


Fokus artikel ini yaitu seni tari. Sebelumnya Admin telah membagikan RPP Seni Rupa dan RPP seni Musik yang bisa sahabat RGI download dibagian bawah artikel ini. Baiklah seperti yang ktia ketahui bahwa seni tari khususnya semester 2 terdiri dari 2 materi:

  1. Pola lantai pada gerak tari tradisional 
  2. Pola lantai tari tradisional sesuai iringan


Pada artikel ini Admin akan membagikan RPP materi 3 yaitu tentang Pola lantai pada gerak tari tradisional yang terbagi kedalam 4 pertemuan disetiap pertemua memuat tujuan, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Adapun RPP seni tari materi gerak tarai tradisional kelas 8  kurikulum 2013 dan revisi 2020.


 RPP seni budaya (seni tari) kelas 8 Materi  2 tentang Iringan Tari Tradisional ini bertujuan untuk:

  1. Siswa secara aktif  mengeksplorasi(observasi dan bertanya ) dari berbagai sumber pembelajaran tentang gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga
  2. Siswa dapat memilih, menentukan dan membuat susunan gerakantentang gagasan berkarya seni tari tentang berdasarkan hasil ruang waktu dan tenaga eksplorasi siswa masing-masing
  3. Siswa dapat mewujudkan rencana susunan gerakan atau meniru gerakan atau gerakankreasimenjadi sebuah karyaseni tarijadi (eksperimenting atau mencoba) tentang gerak tari sesuai dengan level dan pola lantai dengan menggunakan peralatan dan bahan yang disediakan siswa masing-masing
  4. Siswa dapat menemukan cara memperagakan gerak tari berdasarkan level dan pola lantai sesuai denagan iringan


Dari tujuan pembelajaran materi 3 ini siswa belajar mengeksplorasi dengan melakukan observasi dan bertanya, setelah itu siswa di bantu untuk memilih, menentukan dan membuat recana gagasan berkarya, setelah itu siswa didorong untuk mewujudkan rencana tersebut dan terakhir menemukan cara mempublikasi/menampilkan. Pada akhirnya siswa Dapat menemukan cara memperagakan gerak tari berdsarkan level dan pola lantal sesuai rintangan.


Kemudian RPP seni budaya (seni tari)  kelas 8 materi 3 ini memuat langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Pada langkah-langkah pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Sementara  pada penilaian terdapat nilai sikap, sikap pengetahuan dan sikap keterampilan.


Untuk itu, bagi sahabar RGI yag membutuhkan RPP seni budaya (seni tari) kelas 8 semester 2 materi 3 Pola lantai pada gerak tari tradisional  (4 pertemuan)-UNDUH

Lalu bagi anda yang membutuhkan :

Seni Musik

  • RPP Seni Budaya Materi Lagu daerah dapatkan disin
  • RPP Seni Budaya Materi Lagu Daerah Dalam Dua Suara Lebih dapatkan disini
  • RPP Seni Budaya Materi Memainkan alat musik tradisional secara perorangan dapatkan disini
  • RPP Seni Budaya Materi Memainkan alat musik tradisional secara kelompok dapatkan disini

Seni Rupa 

Seni Tari 

Seni Teater 


Demikian RPP Seni Budaya kelas 8 ini Admin susun untuk berbagai pada sahabat RGI semua. Untuk kekurangannya admin mohon di maklum karena masih dalam proses belajar. Untuk komentar positifnya admin tunggu untuk perbaikan kedepannya. 


Semangat terus guru Seni Budaya diseluruh Indonesia untuk melestarikan kesenian asli Indonesia bagi peserta didik kita. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Terima kasih.

Yang sering dicari:

  • bab 13 penerapan pola lantai pada gerak tari
  • materi seni tari kelas 8
  • keunikan gerak tari tradisional kelas 8
  • materi seni tari kelas 8 semester 2 k13
  • penerapan pola lantai tari tradisional
  • rangkuman materi seni budaya kelas 8 semester 2 bab 13
  • rangkuman seni budaya kelas 8 bab 14
  • tulislah tiga alasan mengapa pola lantai pada penciptaan karya seni tari memiliki peran penting


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RPP Seni Tari Kelas 8 Semester 2 Materi Pola Lantai pada Gerak Tari Tradisional-ADM Guru Lengkap RGI

Terkini

Topik Populer

Iklan